Wakil Gubernur Jawa Barat, saat meberikan selamat kepada para Panitia Porda Jawa Barat ke-VIII tahun 2018, di stadion Pakansari, Cibinong

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat (Jabar) 2018, di Kabupaten Bogor, pada Senin (15/10) kemarin resmi ditutup. Upacara penutupan (closing ceremony) sama seperti saat pembukaan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Closing ceremony yang dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum ini ditandai dengan prosesi penurunan bendera Porda dan pemadaman api Porda di Stadion Pakansari.

Upacara penutupan Porda XIII Jabar 2018 yang digelar di setadion Pakansari itu juga turut disaksikan para kepala daerah kota/kabupaten se-Jawa Barat. Dianntaranya Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman serta para atlet, pelatih, manajer dan kontingen serta ribuan penonton yang ikut menyaksikan langsung acara tersebut. “Gelaran Porda XIII Jabar 2018 ini menjadi gelaran Porda yang terbesar sepanjang sejarah Porda di Jawa Barat,” ungkap Uu dalam sambutannya di closing ceremony.

Pada kesempatan itu, wagub pun menyampaikan ucapan selamat kepada para kontingen yang telah berhasil meraih medali terutama medali emas dan menyampaikan hal serupa kepada Kabupaten Bogor yang berhasil keluar sebagai juara umum. “Selamat kepada kontingen-kontingen yang telah menyabet medali di Porda kali ini. Selamat juga kepada Kabupaten Bogor yang menjadi juara umum disusul Kota Bandung dan Kabupaten Bekasi,” kata Uu.

Sementara Bupati Bogor,Hj. Nurhayanti menuturkan, bahwa Porda XIII Jabar 2018 tidak saja tercatat sebagai Porda terbesar lantaran banyaknya jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sebanyak 52, namun karena adanya pemecahan rekor baru. “Selain karena menjadi Porda terbesar, di Porda XIII ini juga mencatat ada pemecahan rekor di beberapa cabor antara lain cabor menembak, cabor renang, cabor angkat besi dan cabor atletik,” jelasnya.

Sedangkan untuk Kota Bogor sendiri di ajang Porda XIII Jabar 2018 berhasil memperbaiki posisinya dengan berada di urutan keempat dengan total raihan medali sebanyak 163 medali, yaitu 57 medali emas, 35 perak dan 71 perunggu. (bas)