DEPOK (Bisnis Jakarta) – Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa diawali dari cara sederhana, salah satunya membiasakan sejak dini mencuci tangan menggunakan sabun. Kampanye tersebut disampaikan Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS), dihalaman Balai Kota Depok, Selasa (16/10).

Dihadapan sedikitnya 200 pelajar PAUD, Idris menuturkan tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering berhubungan langsung dengan mulut dan hidung. Sehingga membiasakan cuci tangan harus mulai diajarkan agar terhindar dari kuman dan penyakit.

“Jadi saat mau makan, habis memegang sesuatu harus dalam keadaan bersih.” Ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, yang mengagas kegiatan tersebut mengaku gerakan kesehatan dunia telah didukung PBB. Sehingga Kepala Dinkes Novarita mengatakan, pihaknya bakal terus menggalakan kebiasaan cuci tangan menggunakan sabun.

Pihaknya mengklaim tak hanya menyelenggarakan kegiatan cuci tangan bersama, melainkan juga menggelar senam cuci tangan, sosialisasi cuci tangan pakai sabun dengan story telling. Selain itu ada juga cap tangan simbolis dukungan kampanye cuci tangan pakai sabun.

“Ini merupakan kegiatan kesehatan dalam rangkain HCTPS agar masyarakat tetap terjaga dan PHBS bisa diterapkan dalam kesehariannya,” katanya. (jif)