TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Bulan oktober ini diprediksi kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih akan dilanda musim kemarau. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat awal musim hujan baru terjadi mulai bulan depan.

“Awal musim hujan diperkirakan pada bulan Desember dasarian II,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Wilayah II Ciputat, Sutiyono.

Lebih lanjut Sutiyono mengatakan, untuk sebagian besar wilayah Kota Tangsel musim hujan diprakirakan terjadi mulai November dasarian II. Hal itu juga terjadi di sejumlah daerah lainnya seperti Jakarta Timur, Jakarta Selatan bagian selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang bagian selatan, Serang bagian tenggara, Lebak, Depok, Bogor bagian utara dan timur laut.

Sutiyono menambahkan, karena dilihat dari konvektifitas pertumbuhan awan rendah, maka potensi hujan lebat rendah. Bahkan tidak terjadi hujan. Jika konvektifitas tinggi maka potensi hujan lebat atau besar.

“Untuk bulan bulan ini konvektifitas khususnya Tangsel dan Provinsi Banten pada umumnya konvektifitasnya masih rendah,” tandasnya. (nov)