Lulusan STP Trisakti Miliki Kompetensi Standar Global

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    STP Trisakti terus membekali lukusannya dengan ilmu dan kompetensi yang memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja nasional dan global. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut diantaranya melakukan penyelenggaraan akademik yang berkualitas, peneglolaan secara transparan dan akuntabel serta pwningkatan mutu secara berkelanjutan. Demikian dikatakan Ketua STP Trisakti Fetty Asmaniati saat wisuda mahasiswa Tahun Akademik 2017/2018 di Jakarta, Selasa (23/10).

    Mahasiswa yang diwisuda sebanyak 611 orang dari lima program studi antara lain pariwisata, hospitality dan pariwisata, serta perhotelan. Dari jumlah tersebut, tercatat 49 mahasiswa mengambil program Magister Pariwisata, 28 mahasiwa mengambil program S1 Hospitality, 350 mahasiswa mengambil program D4 Perhotelan, dan 88 mahasiswa mengambil program D4 Usaha Perjalanan Wisata.

    Menurut Fetty, visi kompetensi standar global yang selama ini dijalankan telah menarik minat banyak mahasiswa asing untuk menjalani pendidikan di STP Trisakti. Bahkan selama tiga tahun terakhir, jumlah mahasiswa asal luar negeri terus meningkat, baik jumlah maupun negara asal mahasiswa yabg beragam. "Untuk mahasiswa luar negeri jiga ada peningkatan baik jumlah mahasiswa maupun negara asal mahasiswa dalam program exchange student dan reciprocal program," kata Fetty.

    Terdapat juga prestasi membanggakan dari para  mahasiswa baik dalam maupun luar negeri ketika mengikuti berbagai kompetisi tingkat internasional. Berbagai prestasi yang diukir para mahasiswa tersebut, kata Fetty, berbuah beasiswa baik dari almamater, dari pemerintah, dari industri dan institusi luar negeri. "Kami juga bekerjasama dengan institusi luar negeri untuk program reciprocal, transfer credit dan double degree," paparnya.

    Sementara Ketua Yayasan Trisakti Bimo Prakoso berharap, para wisudawan yang sudah memiliki dasar-dasar ilmu serta keahlian yang cukup nantinya mampu menghadapi tantangan dan persaingan baik tingkat nasional maupun global. "Dengan dasar-dasar ilmu dan keahlian yang dimiliki, kami berharap saudara menhadi harimau-harimau dan bukan kambing dengan kemampuan bersaing di dunia internasional," pesan Bimo.

    Bimo mengingatkan, jangan pernah berhenti belajar untuk selalu mengikuti perubahan yang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka mengembangkan kapasitas diri. "Harus ada terobosan baru sesuai dengan core compentency yang dimiliki yaitu di bidang pariwisata," pungkasnya.

    Selain dihadiri civitas akademika STP Trisakti, prosesi wisuda dihadiri antara lain Staf Ahli Menristek Dikti Bidang Akademik Prof. Dr. Paulina Pannen M.Ls., Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Dr. Ir. Illah Sailah, MS., Ketua Pembina Yayasan Trisakti, Harry Tjan Silalahi, SH., The Honourable, Mr. Heinz Buerki, President of Board of Director and Co Founder of IMI University Switzerland, The Honourable, Mr. Zhang Xianchun, Dean of Belt and Road International School, Guilin Tourism University, The Honourable, Mr Ronald Poon, Director of Learning, Ritz Carlton Hongkong serta orang tua, suami atau isteri wisudawan. (son)