CEO Commitment, Dorong Pariwisata Belitung Maju Pesat

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Sekretaris Kemenpar Ukus Kuswara menilai, sektor pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  khususnya pariwisata Belitung yang tumbuh pesat, dan ini menjadi bukti tingginya CEO Commitment terhadap pariwisata. "Sebagai indikatornya PAD Provinsi Babel 43% dihasilkan dari pariwisata. Begitu pula pertumbuhan kunjungan wisman mencapai 83%, sedangkan pergerakan wisnus tumbuh 11%,” kata Ukus di Jakarta, Selasa (6/11).

    Ukus menjelaskan, CEO Commitment terutama dari gubernur dan bupati memiliki porsi terbesar dalam kemajuan pariwisata di daerah. "Menpar sering mengutarakan bahwa CEO  Commitment 50% menjadi faktor keberhasilan pariwisata daerah. Ini telah dibuktikan oleh Provinsi Babel dan Kabupaten Belitung,” kata Ukus Kuswara.

    Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan berkomitmen untuk mempercepat transformasi ekonomi dari pertambangan ke sektor pariwisata dalam upaya menyejahterakan masyarakat Belitung yang memiliki Tanjung Kelayang sebagai icon pariwisata Babel dan telah ditetapkan sebagai (KEK) Pariwisata serta menjadi satu di antara 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) yang dikembangkan sebagai ‘Bali Baru’. "Pariwisata menjadi sektor andalan Provinsi Babel dalam menyejahterakan masyarakat. Pada kesempatan itu saya meminta Pemerintah Pusat (Kemenpar) membantu SDM dalam mengelola event pariwisata berskala internasional. Untuk meningkatkan wisatawan, tahun depan kami menyiapkan 127 event berskala nasional dan internasional,” kata  Erzaldi.

    Bupati Belitung H. Sahani Saleh mengatakan, untuk event sport tourism telah dilakukan kerjasama dengan Singapura dalam penyelenggaraan Belitung Triatlon. “Tahun depan kita akan menyelenggarakan Belitung Triatlon Internasional. Sekitar 2.000 peserta dari Singapura akan hadir dalam event sport tourism tersebut,” kata Sahani. 

    Belitung yang dikenal sebagai destinasi ‘Laskar Pelangi’ tahun 2017 yang lalu dikunjungi sebanyak 379.274 wisatawan terdiri atas 9.358 wisman dan 369.916 wisnus. Kunjungan wisman ke Belitung terbanyak dari Korea, China, Malaysia, Singapura, dan Jepang sebagai top 5, serta Australia, India, USA, Jerman, dan Inggris. (son)