Destinasi Digital Vegetarian, Cara Baru Memikat Pecinta Kuliner

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Pemerintah lewat Kementerian Pariwisata saat ini sedang membangun destinasi digital vegetarian. Ada sejumlah lokasi yang dijadikan tempat pengembangan destinasi ini.

    Bukan tanpa alasan jika Kemenpar mendorong daerah untuk mengembangkan destinasi bagi penggemar kuliner ini, mengingat komunitas vegeterian terus berkembang.

    Dilansir The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel, Indonesia menempati peringkat 16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries. Raalitas tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar menjadi salah satu negara destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia.

    Kemenpar sendiri mengklaim, potensi wisatawan komunitas vegetarian seluruh dunia sangat besar dan perlu dioptimalkan agar banyak berkunjung ke Indonesia, terutama dari 5 negara sebagai Top 5 pasar, yakni Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India.

    Bahkan disebutkan bahwa komunitas vegetarian dari Tiongkok mencapai 50 juta orang, dan dari India mencapai 350 juta orang. Tentu angka ini  merupakan pasar dan potensi yang sangat besar dan akan mendorong tumbuhnya restoran vegetarian di Indonesia khususnya kota-kota besar yang menjadi destinasi wisata unggulan.

    Sebagai gambaran, kunjungan wisman dari Tiongkok menempati urutan teratas karena jumlahnya yang mencapai  2,2 juta orang. Sedangkan wisman India baru tahun ini masuk ke dalam urutan kelima sebanyak 485.000 orang atau mengalahkan Korea, dan tahun ini akan menyalip posisi Jepang.

    Sayangnya, potensi mendatangkan wisman dari kalangan pecinta kuliner itu belum disikapi secara serius. Saat ini, jumlah restoran vegetarian di Indonesia relatif masih sedikit dibandingkan Malaysia, Thailand maupun Singapura.

    Berdasarkan The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel, jumlah restoran di Indonesia sebanyak 438, sedangkan Malaysia sebanyak 1.185, Thailand sebanyak 908, dan Singapura memiliki sebanyak 654 restoran.

    Posisi Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand di urutan kedua, dan Malaysia di urutan ketiga. (son)