Generasi Melinial Customer Penting Pariwisata Indonesia

    SURABAYA (Bisnisjakarta)-
    Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, generasi milenial yang identik dengan dunia digital merupakan customer penting bagi pariwisata Indonesia. "Digital merupakan ciri utama promosi pariwisata Indonesia. Milenial merupakan customer utama Indonesia," ujar Menpar melalui rekaman video sebelum pembukaan kuliah umum "Promosi Digital Pariwisata Indonesia Melalui Generasi Pesona Indonesia (Genpi)" di Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, Kamis (7/2).

    Pembukaan kuliah umum dilakukan Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar Guntur Sakti yang mewakili Menpar. Hadir sebagai narasumber antara lain Anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto, Ketua Umum SMSI Auri Jaya,
    Ketua SMSI Jawa Timur Eko Pamuji, serta diikuti sekitar 500 mahasiswa dan pelajar yang akan direkrut menjadi Genpi Unitomo.

    Menpar mengatakan, Lifestyle yang berubah, menjadi alasan kini pariwisata Indonesia harus berubah menjadi go digital. Ia memastikan, generasi milenial merupakan customer utama pariwisata Indonesia. "Inbound Pariwisata Indonesia 50% merupakan generasi milenial," ujar Menpar.

    Indah Kurnia mengamini pernyataan Menpar. Menurut Indah, potensi pariwisata Indonesia sangat besar. "Indonesia memiliki competitiveness yang tinggi terhadap negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Pariwisata juga memberikan kontribusi yang cukup tinggi untuk masyarakat," ujarnya.

    Oleh karena itu, Indah mengingatkan, agar mahasiswa ikut menyiapkan diri yang nantinya akan menjadi Tuan Rumah untuk wisatawan tidak hanya nusantara tapi juga wisatawan mancanegara.

    Semenatara Guntur Sakti menjelaskan, sebagai leading sektor, pariwisata wajib didukung oleh sektor-sektor lain. Ia menjelaskan, pariwisata Indonesia memasuki era digital. "Seiring dengan perubahan konsumen, kini muncul tren sharing economy di sektor pariwisata," ujar Guntur.

    Sharing Economy, jelas Guntur, merupakan model bisnis yang dilakukan dengan cara yaitu efisien saling berbagi dalam memanfaatkan aset atau resources.

    Menurut Sinarto, sektor pariwisata sangat menjanjikan untuk generasi milenial. "Sekarang kita sedang memperbaiki akses untuk wisatawan yang akan datang ke Jawa Timur. Selain itu, kita juga tengah mengembangkan cruise dan MICE di Jawa Timur, dan ini artinya apa ? generasi milenial memiliki kesempatan besar bekerja di sektor pariwisata melalui berbagai perkembangannya," ujar Sinarto.

    Pelantikan Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Unitomo menjadi penutup kuliah umum. Genpi Unitomo siap promosikan pariwisata Indonesia. (son)