Belasan Kapal Ikan Terbakar di Pelabuhan Muara Baru

    19
    MUARA BARU (Bisnisjakarta)- Sebanyak 16 kapal penangkap ikan atau kapal nelayan yang terbakar di Pelabuhan perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru Jakarta Utara, Sabtu (23/2) hingga kini masih dalam proses pemadaman. Sejauh ini tidak ditemukan adanya korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal penangkap ikan tersebut.

    Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad mengatakan, pemadaman dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang mengerahkan 15 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh 1 unit Tug Boat TB. Antasena milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

    Ahmad menjelaskan kebakaran terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB dari salah satu kapal penangkap ikan dan api terus menjalar ke kapal penangkap ikan lainnya yang berdekatan sehingga sebanyak total 16 unit kapal penangkap ikan ikut terbakar di Pelabuhan perikanan yang dikelola oleh KKP.

    Karena kondisi angin yang kencang dan membuat kapal penangkap ikan yang terbakar tersebut terus bergoyang maka kapal penangkap ikan tersebut ditarik ke daratan untuk mempermudah pemadaman.

    Adapun untuk penyebab terbakarnya kapal penangkap ikan tersebut, Ahmad mengatakan saat ini masih fokus dengan proses pemadaman kebakaran kapal tersebut.

    Ahmad menyampaikan bahwa ia akan berkoordinasi dengan Syahbandar Perikanan di Pelabuhan tersebut dan juga KKP untuk memastikan langkah-langkah antisipasi agar kedepan peristiwa serupa yang menimpa kapal penangkap ikan tidak terulang kembali. (son)