JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih dan Karang Taruna Kelurahan Se-Kecamatan Cempaka Putih melaksanakan kegiatan Studi Karya Bhakti Karang Taruna (SKBKT) Kecamatan Cempaka Putih dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Kelurahan Se-Kecamatan Cempaka Putih pada  23-24 Februari 2019. SKBKT dilakukan dengan mengunjungi Karang Taruna Nagasari Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sedangkan kegiatan LDK  dilaksanakan di Grand Mutiara Hotel, Cipayung, Bogor.

Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian, S.Sos, M.AP. selaku Pembina Umum Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih memimpin langsung apel keberangkatan peserta SKBKT dan membuka secara resmi kegiatan LDK Karang Taruna Kelurahan Se-Kecamatan Cempaka Putih. Ia menyampaikan, kegiatan SKBKT dan LDK Karang Taruna adalah kegiatan yang bagus bagi Generasi Muda untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan, menjadi sarana untuk regenerasi. “Jagalah nama baik organisasi dan wilayah yang kita cintai ini pada saat berkunjung ke wilayah orang lain, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dalam pelaksanaan SKBKT dan LDK Karang Taruna kali ini,” pesannya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih, Sonny Gumilar, SE. yang didampingi  Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih, Hendarsyah menyampaikan, kegiatan SKBKT bertujuan mempererat tali Silaturahmi untuk saling mengenal antar Pengurus Karang Taruna lintas wilayah, saling bertukar informasi program kerja masing-masing wilayah tentang pengelolaan Organisasi, Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dijalankan dan Program kerja lainnya.

“Dengan perbedaan kultur dan Geografis tentunya masing-masing wilayah punya kearifan lokal tersendiri dalam pengelolaannya, dan misi yang utama adalah untuk sama-sama ingin memajukan Organisasi Karang Taruna agar dapat dirasakan karyanya oleh seluruh lapisan masyarakat di masing-masing wilayah,” ungkapnya.

Selain itu Sonny Gumilar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Sindanglaya, Ketua Karang Taruna Nagasari Desa Sindanglaya, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cipanas, yang telah memfasilitasi dan menerima dengan baik kunjungan Keluarga Besar Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih. “Dan juga terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pembina kami Bapak Camat Cempaka Putih yang telah meluangkan waktu memimpin Apel Keberangkatan Peserta SKBKT dan LDK Karang Taruna ini,” tambah Sonny.

Ketua Panitia Pelaksana, Nadila Safira, menyampaikan  LDK Kelurahan Se-Kecamatan Cempaka Putih, yang berlangsung 2 hari diisi  berbagai Materi Kelas Indoor dan Outdoor dengan beberapa Narasumber seperti Fetaria, S.KM, M.KM. (Lurah Cempaka Putih Barat), Salamun Maryadi (Praktisi Kesejahteraan Sosial), Sonny Gumilar, SE., (Ketua Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih), Hendarsyah (Sekretaris Karang Taruna Kecamatan Cempaka Putih), Gita Tiara (Ketua Karang Taruna Kelurahan Rawasari), dibantu segenap Panitia Pelaksana LDK Karang Taruna lainnya. Peserta LDK Karang Taruna diharapkan mendapatkan bekal yang nantinya bisa mengimplementasikan di lingkungannya masing-masing untuk menjadi Pemuda Pilar Sosial yang Jujur, Peduli, Tangguh, Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Bertanggung jawab.

Di sela kegiatan Ketua Karang Taruna Provinsi DKI Jakarta, Hj. Siti Djaozah minta Karang Taruna Unit se-Kecamatan Cempaka Putih segera membentuk Struktur Kepengurusan dan mengurus legalitasnya melalui Karang Taruna Kelurahan. Karena Pemda DKI Jakarta pada tahun ini Insya Allah akan memberikan perhatian kepada seluruh Karang Taruna Unit yang ada di wilayah Provinsi DKI Jakarta. (grd)