JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Rumah Zakat melaunching 2 platform startup yaitu lnfak.lD dan Lelangbintang.com. Hal ini dilakukan untuk memudahkan donatur Rumah Zakat serta agar masyarakat bisa lebih mudah berbagi memberikan manfaat kepada sesama.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi menjelaskan, Infak ID, merupakan platform donasi online dengan berbagai firur pembayaran terkini yang memudahkan donatur, millineals dan masyarakat menitipkan dana infak/sedekah. “Rumah Zakat bekerjasama dengan mitra payment channel di antaranya LinkAja, OVO, Gopay Kaspro, dan Doku, untuk memudahkan berbagi di channel dan mitra marchen di seluruh Indonesia,” jelasnya di Jakarta Selasa (2/4).

Selanjutnya, lelangbintang.com, merupakan platform penggalangan dana online yang mendorong keberadaan fans menjadi semakin bermakna bagi public figur dan bagi kebaikan dunia. “Inovasi ini memudahkan publik figur berbagi melalui lelang barang yang dimiliki untuk program-program pemberdayaan, kemanusiaa¬† dan program kebaikan lainya,” tambahnya.

Merujuk pada kesuksesan acara lelang pada konser amal Komunitas Tangan di Atas dan Rumah Zakat pada Januari lalu. Setidaknya, pada acara lelang tersebut terkumpul dana hampir Rp1 miliar. Barang-barang yang dilelang di antaranya, Gaun Bridal Oki Setiana Dewi, jaket dan jas Pasha Ungu, topi Tompi, dan gaun Adelia Pasha.

Efendi berharap, platform-platform ini bisa memudahkan donatur, millenials dan masyarakat untuk berbagi di bulan ramadhan yang transaksi donasinya bisa 5 kali lipat dibanding donasi di bulan lainya dan menumbuhkan semangat berbagi Indonesia.

Ramadhan 2018 ungkapnya, Rumah Zakat menyampaikan amanah kepada 168.225 penerima manfaat di 1.183 Desa Berdaya di seluruh Indonesia di antaranya melalui program berbagi buka puasa, kado lebaran yatim, bingkisan keluarga pra sejahtera, janda berdaya dan bebas hutang.

“Alhamdulillah, terimakasih atas sinergi yang membanggakan ini kita sampaikan kepada semua pihak yang mendukung program ramadhan berdaya 2018,” ungkapnya.

Tahun 2019 ini lanjutnya Rumah Zakat kembali menguatkan campaign ramadhan berdaya untuk Indonesia dan Dunia, tahun ini Rumah Zakat targetkan memberikan layanan program kepada 319.700 penerima manfaat di 1.440 Desa Berdaya di seluruh Indonesia, dan di 3 Negara atau naik 53% dari tahun 2018.

Diantaranya program berbagi buka puasa, 145.000 penerima manfaat, Kado lebaran yatim, 17.000 penerima manfaat, bingkisan keluarga pra sejahtera, 8.700 penerima manfaat, syiar quran, 14.000 penerima manfaat, janda berdaya, 3.000 penerima manfaat dan lebaran bebas hutang. “Semoga semakin memberdayakan Indonesia dan Dunia,” pungkas Efendi. (grd)