Gandeng JCI Badung Bali dan JCI Bandung, Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi Kunjungi Inkubator Bisnis di Bandung

32

Kementrian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, bersama komunitas kepemudaan internasional JCI Badung Bali dan JCI Bandung, melakukan kunjungan ke beberapa inkubator bisnis di Bandung pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 14-15 Oktober 2021. Kunjungan ini dalam rangka kunjungan kerja dan rapat koordinasi“Analisis Dampak Kebijakan Pengembangan Inkubasi Terhadap Penciptaan dan Penumbuhan Wirausaha Baru”.

Kunjungan kerja diawali dengan mengunjungi inkubator bisnis Cubic di Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat. CEO Cubic, Wahyu Eko Widodo, mengatakan bahwa Cubic sebagai platform inkubasi startup di Bandung terus berupaya untuk meningkatkan kualitas para entrepreneur, dengan cara memberikan edukasi dan network yang diperlukan untuk sebuah startup bisa berkembang.

“Tujuan dari Cubic adalah untuk terus memberikan support supaya startup yang menjadi member di sini bisa terus berkembang.” Ucap Wahyu.

Perjalanan rombongan Kemenko Bidang Perekonomian dilanjutkan dengan mengunjungi inkubator bisnis Universitas Padjajaran (Unpad), Oorange, di Jalan Banda, Kota Bandung, Jawa Barat. Direktur Oorange, Dr. Rivani , S.IP., MM., DBA, mengatakan bahwa kehadiran Oorange diharapkan bisa mencetak lebih banyak entrepreneur dari kampus, khususnya dari Unpad.

Baca Juga :   Bitung Gelar Festival Selat Lembeh

“Kami berharap bisa lebih banyak melahirkan entrepreneur-entrepreneur berkualitas dari Unpad, yang tentu saja produknya bisa bersaing di market nasional.” Kata Rivani.

Sementara itu President JCI Badung Bali, Gde Brawiswara Putra, mengatakan bahwa lewat kunjungan kerja dan rapat koordinasi ini JCI Badung Bali bisa bersinergi dengan para pemangku kepentingan di Bandung untuk membuat program-program kerjasama untuk meningkatkan kewirausahaan. “Kami siap bersinergi dengan para stakeholder untuk mengembangkan kewirausahaan di Bandung” Kata Gde.

Senada dengan Gde, President JCI Bandung 2020, Aki Pratomodono, juga berharap kunjungan kerja dan rapat koordinasi ini bisa meningkatkan kualitas startup di Bandung. “Saya harap ke depan kualitas startup di Bandung bisa terus meningkat dan bersaing di kancah nasional.” Ucap Aki bijak.

Chairul Saleh, Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan, mengungkapkan bahwa pihaknya siap mendukung ekosistem kewirausahaan lewat kebijakan untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan startupnya. “Kami dari Kementrian Koordinator siap mendukung lewat PP 7 tahun 2021 untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan bisnis” Ucap Chairul.

Baca Juga :   Bali, Tuan Rumah Dharma Santi Nasional Nyepi