Penjelasan BMKG Terkait Bibit Siklon Tropis 90S

18

DENPASAR (bisnisjakarta.co.id) – Berdasarkan informasi terakhir, Bibit Siklon Tropis 90S telah berkembang menjadi Siklon Tropis Paddy di sekitar Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah, tepatnya di posisi 13.3 LS, 108.0 BT. ┬áPerkembangan tersebut akan mempengaruhi cuaca baik secara langsung maupun tidak langsung.Sedangkan untuk wilayah Bali sendiri Siklon Tropis Paddy akan memberikan dampak secara tidak langsung.

“Akan meningkatkan potensi hujan sedang hingga lebat serta peningkatan ketinggian gelombang laut yakni dapat mencapai 2.5 meter khususnya di perairan selatan Bali,” jelas Prakirawan Cuaca Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Putu Agus Dedy Permana, Selasa, (23/11) di Badung, Bali.

Ia mengimbau kepada masyarakat Bali agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti, banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir.

“Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali,” katanya.

Baca Juga :   STP Dorong Gastronomi sebagai Daya Tarik Bali

Masyarakat juga diminta selalu memperhatikan Informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem. *rah