Banyuwangi Go International, Tiga Strategi Ini Disiapkan

JAKARTA (Bisnisjakarta)-
Menpar Arief Yahya mengatakan, tiga strategi telah dilakukan pemerintah bersama stakeholder pariwisata untuk mempercepat destinasi Banyuwangi go international. Pertama, memperkuat atraksi budaya, Banyuwangi memiliki atraksi budaya berkelas dunia antara lain Gandrung Sewu, Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen yang masuk dalam 100 Events Wonderful Indonesia. Kedua,menjadikan Bandara Banyuwangi sebagai bandara internasional. Ketiga, Banyuwangi harus menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). Demikian dukatakan Menpar ketika me-launching Calender of Event Banyuwangi ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’ di Jakarta, Selasa (29/1) malam.

Menpar didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penetapan Banyuwangi menjadi UGG diperkirakan sekitar tahun 2021, karena tahun lalu Banyuwangi baru saja dikunjungi Sekjen UNESCO Global Geopark, Guy Martini untuk penilaian geopark di sana. “Kita bisa belajar dari China yang mampu memanfaatkan geopark miliknya untuk menggaet sebanyak 21 juta pengunjung,” kata Menpar.

Tiga destinasi di Banyuwangi  Taman Nasional Alas Purwo,  Gunung Ijen, dan Pantai Pulau Merah telah ditetapkan sebagai kawasan Geopark Nasional dan telah diusulkan menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

99 Event Unggulan

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, tahun ini Banyuwangi menyiapkan 99 event unggulan yang dikemas sebagai  ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’. “Majestic Banyuwangi Festival 2019 ini ibarat rangkuman bagi segenap potensi yang ada di Kabupaten Banyuwangi mulai dari seni budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakat sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival yang terkenal di Indonesia karena keberhasilannya dalam menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival,” kata Bupati Anas.

Anas mengatakan, peluncuran Majestic Banyuwangi Festival 2019 memberi semangat pada masyarakat Banyuwangi untuk melakukan perubahan antara lain lebih ramah, bersih, dan sejahtera. “Bila semula PAD pariwisata Banyuwangi sebesar Rp90 miliar, kini mencapai Rp460 miliar dan ini dinikmati langsung oleh masyarakat,” kata Abdullah Azwar Anas.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’ yang menampilkan 99 event di antaranya event digital dan milenial. “Ada 30% sebagai event digital dan milenial di antaranya; Festival Juragan Pintar,” kata  Arief Yahya.

Festival Juragan Pintar menghadirkan start up Warung Pintar yang merupakan warung dikawinkan dengan teknologi dalam pengelolaannya sehingga memberikan kemudahan bagi pemilik warung serta kenyamanan bagi para pelanggannya. Teknologi ini bisa digunakan sebagai alat promosi pariwisata di Indonesia berbasis digital.

Banyuwangi memiliki daya tarik wisata alam kelas dunia antara lain Kawah Ijen yang populer dengan blue fire, Taman Nasional Baluran, dan Pantai G-Land  yang banyak diminati wisman. Posisi geografis Banyuwangi yang dekat dengan Bali, menjadikan pariwisata Banyuwangi cepat menuju go international.

Jumlah kunjungan wisman ke Banyuwangi tahun 2017 sebanyak 98.970 orang, sedangkan wisnus sebanyak 4,83 juta. Tahun 2018 kunjungan wisman diproyeksikan sebanyak 100.000 wisman, dan wisnus sekitar 5 juta. (son)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button