Danau Toba Siap Terima Investasi Triliunan Rupiah

JAKARTA (Bisnisjakarta)-
Destinasi super prioritas Danau Toba di Sumut siap menerima investasi pariwisata triliunan rupiah. "Sudah ada penandatanganan MoU untuk komitmen investasi di Lahan Zona Otorita Danau Toba dengan total nilai rencana investasi dari 7 MoU tersebut mencapai sekitar Rp6,1 triliun," jelas Direktur Badan Otorita Pelaksana (BOP) Danau Toba Arie Prasetyo dalam rapat koordinasi di Jakarta, Jumat (6/9).

Dalam rapat yang dihadiri Menpar Arief Yahya dan Kemenko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Arie mengatakan, pihaknya kini sedang mempersiapkan dokumen perjanjian kerja sama dengan para investor tersebut yang rencananya akan dibahas bersama-sama pada pekan kedua September ini.

Sementara Menpar Arief Yahya, langkah tersebut dilakukan untuk memastikan pembangunan pariwisata kawasan Danau Toba berjalan sesuai rencana. Terutama dalam menyambut penyelenggaraan groundbreaking glamorous camping atau glamping. "Pada 10 Oktober 2019, pembangunan jalan sepanjang 1,9 kilometer dengan lebar 7 meter sudah selesai. Sementara penyediaan utilitas dasar lainnya seperti listrik dan air akanĀ  rampung pada 2020," jelas Menpar.

Menpar mengingatkan, para Bupati untuk memasukkan destinasi wisata di daerahnya masing-masing ke dalam masterplan pembangunan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba. "Nantinya akan ada 4 Key Tourism Area (KTA), karena itu jangan sampai ada objek wisata yang tidak terdaftar di masterplan," himbau Menpar.

Imbauan yang sama juga disampaikan oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. "Dalam masterplan yang ada akan dikombinasikan antara pembangunan infrastruktur dengan atraksi," tegas Luhut.

Selain itu, komitmen pemerintah dalam membangun pariwisata ini juga tercermin pada alokasi anggaran pembangunan yang mengalami kenaikan signifikan. "Anggaran untuk pembangunan wisata di Danau Toba mencapai Rp2,2 triliun. Naik hingga hampir tiga kali lipat dari tahun 2019 yaitu Rp821 miliar," papar Menpar.

Menurut Menpar, inisiatif pengembangan Kawasan Danau Toba ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut. "Rata-rata pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sejumlah kabupaten sekitar Danau Toba adalah sebesar 79 persen akibat tumbuhnya sektor pariwisata," tegas Menpar.

Branding yang ingin dibangun untuk Danau Toba sendiri adalah Supervolcano Geopark. Branding ini akan semakin kuat mengingat kawasan ini sudah secara de facto telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai Global Geopark. "Pada 4 September 2019, Danau Toba sudah mendapat predikat UNESCO Global Geopark (UGG). Hal ini menjadikan positioning untuk menjadikan Danau Toba destinasi wisata kelas dunia semakin kuat," ujar Menpar.

Masuknya Danau Toba sebagai UGG menambah jumlah geopark dari Indonesia yang telah diakui dunia yaitu Gunung Batur, Ciletuh, Gunung Sewu, dan Gunung Rinjani. (son)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button