
Acara peluncuran dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Telkomsel dan Kemenpar yang ditandatangani oleh Ni Wayan Giri Adnyani sebagai Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I dan Sukardi Silalahi, selaku Direktur Sales Telkomsel.
Menpar mengatakan, telekomunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan pariwisata. Lebih dari 70% customer adalah digital traveller. Starter pack (kartu perdana) simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini memiliki desain khusus dengan spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisman saat travelling ke Indonesia. Apalagi Telkomsel memiliki jaringan terluas dan menjangkau destinasi wisata yang sebagian besar tercover 4G.
Benefit lainnya, menurut Menpar, staterpack SimPATI Tourist Wonderful Indonesia juga memungkinkan untuk mengambil data trevellers dari berbagai sumber online, profiling dan segmentasi data traveller. Data customer profilling itu membutuhkan narasumber sehingga memudahkan segmentasi customer untuk advertising. Hal ini sangat menguntungkan karena pendapatan dari advertising ini lebih besar dari pendapatan dari Telekomunikasi.
Presiden Direktur Telkomsel, Ririek Ardiansyah mengatakan peluncuran simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini merupakan bentuk kontribusi Telkomsel kepada pariwisata Indonesia. “Telkomsel telah meng-cover minimal 3G untuk destinasi pariwisata, dan sebagian besar sudah 4G. Dengan peluncuran ini diharapkan menjadi bentuk kontribusi kita pada kemajuan pariwisata Indonesia. Terima kasih Kemenpar karena memberikan kesempatan ini,” kata Ardiansyah.
‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia, yaitu Danau Toba, Morotai, Wakatobi, Labuan Bajo, Mandalika, Bromo, Candi Borobudur, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, dan Tanjung Kelayang. (son)