Sasar Wisman Timor Leste, Kemenparekraf Promosi di Area Crossborder

JAKARTA (Bisnisjakarta)-
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengoptimalkan promosi pariwisata Indonesia di area crossborder, khususnya pasar Timor Leste, dengan menggelar sales mission yang melibatkan sejumlah travel agent atau tour operator.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenparekraf Muh Ricky Fauziyani mengatakan, sales mission yang memamerkan berbagai destinasi menarik Indonesia ini merupakan tindak lanjut dari sejumlah program yang telah dijalankan sebelumnya untuk pasar Timor Leste. "Sales mission ini adalah tindak lanjut dari serangkaian famtrip (familiarization trip) yang kita gelar ke beberapa destinasi super prioritas. Seperti Labuan Bajo, Mandalika, Borobudur (Joglosemar) dan Danau Toba serta Bali dan Jakarta," katanya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenparekraf Rizki Handayani mengatakan, area border masih punya potensi untuk dimaksimalkan. Potensinya sangat tinggi, apalagi setelah dibukanya jalur penerbangan internasional dari Dili ke Kupang oleh maskapai Trans Nusa Aviation. "Hal ini sangat membantu wisatawan dari Timor Leste. Banyak pilihan destinasi, dari Kupang bisa melanjutkan ke Labuan Bajo, ke Sumba, Ende dengan Kelimutu, Alor, Larantuka maupun Lembata dengan atraksi pausnya," kata Rizki.

Dengan berbagai strategi yang dilakukan, diharapkan kunjungan wisatawan asal Timor Leste akan semakin meningkat. "Yang harus kita pikirkan adalah bagaimana lenght of stay wisman crossborder lebih panjang sehingga spendingnya juga meningkat. Itu goalnya," tegas Rizki. (son)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button