Perbankan Dorong UMKM Go Global

JAKARTA (bisnisjakarta.co.id) – Perbankan nasional mendorong pelaku UMKM go global melalui pameran UMKM Expo(RT) Brilianprenuer 2022 yang mengusung tema “Brings MSMEs Indonesia to the world”. Tema tersebut mencerminkan optimisme salah satu anggota Himbara, BRI untuk terus mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjadi bagian dari pasar global.

Masyarakat dapat menyaksikan langsung produk UMKM pilihan terbaik melalui pameran yang berlangsung pada 1 – 31 Desember 2022 di JCC mau pun secara daring. Terdapat 500 UMKM Bazzar Online dan 250 UMKM showcase pilihan yang siap memperlihatkan keunikan, kualitas, dan kisah dibalik produk, bahan baku serta material ramah lingkungan, hingga pemberdayaan masyarakat pada proses produksi yang beragam kepada audience nasional hingga 40 buyers internasional dari 20 negara.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, multiplier effect dari UMKM sangat besar bagi ekonomi Indonesia. Kementerian Koperasi dan UKM RI yang menunjukkan UMKM menyerap kurang lebih 119,6 juta tenaga kerja atau 96,92% dari total angkatan kerja di Indonesia. “Kami sebagai bank yang fokus kepada bisnis UMKM, secara konsisten melakukan berbagai upaya untuk terus menumbuhkembangkan dan memberdayakan UMKM,” terangnya.

Pihaknya menjelaskan, program ini menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen sebagai agent of development untuk turut memajukan UMKM Indonesia. “Kami juga terus mempersiapkan journey nasabah UMKM untuk bisa naik kelas dimana salah satunya adalah mendorong nasabah UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor dan Go International melalui event ini yang kami sebut sebagai UMKM Expo(RT) Brilianpreneur,” kata Sunarso.

Sebagai bank yang berfokus pada sektor UMKM, pihaknya melihat peluang besar dari hasil karya anak bangsa yang dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain. Dari tahun ke tahun, event ini makin berkembang, baik dari nominal transaksi maupun jumlah negara maupun pesertanya. Jumlah UMKM yang mengikuti kegiatan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun, tahun 2019 diikuti 115 UMKM dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD33,5 juta (Rp520 miliar), tahun 2020 diikuti 423 UMKM Showcase & 150 UMKM bazzar dengan dealing transaksi Business Matching mencapai USD57,5 juta (Rp890 miliar), tahun 2021 diikuti 500 UMKM bazzar online dengan dealing Business Matching mencapai USD65 juta (Rp1 triliun), dan tahun 2022 kali ini diikuti  500 UMKM bazzar online dan 250 UMKM showcase dengan dealing Business Matching mencapai USD75 juta (Rp1,2 triliun).

Dari hasil kegiatan Business Matching ini juga akan bisa didapatkan preferensi dan trend pasar internasional. Kegiatan Virtual Business Matching UMKM Expo(RT) Brilianpreneur 2022 diselenggarakan pada 6–8 Desember 2022 ini menghasilkan 241 Business Matching Activity dengan total deal sebesar USD 76,7 Juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

Terdapat peningkatan lebih dari 30 persen pada buyers participant dan lebih dari 40 persen dari negara participant dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  Lewat sesi kegiatan Virtual Business Matching ini buyers internasional bertemu dan saling bernegosiasi dengan UMKM sampai terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan.

“Event ini menjadi perwujudan komitmen kami dalam meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas dari UMKM dan produk UMKM di Indonesia sehingga produk-produk UMKM Indonesia dapat berkompetisi di pasar dalam negeri maupun luar negeri,” terang Sunarso. *rah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button