Garap Market Domestik, Garuda-Sriwijaya Kerjasama Codeshare

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Group melaksanakan penandatanganan kerjasama komersial codeshare dalam rangka memperkuat kerjasama network khususnya di wilayah domestik. Pelaksanaan kerjasama tersebut merupakan upaya dari kedua group maskapai untuk memperkuat sinergy, mengembangkan market share dan meningkatkan profitability.

Dengan kerjasama ini maka baik Garuda Indonesia Group (Garuda Indonesia dan Citilink) dan Sriwijaya Group (Sriwijaya dan NAM Air) dapat mengembangkan layanan masing-masing dengan memberikan lebih banyak pilihan penerbangan kepada pelanggan. Perjanjian kerjasama codeshare ini adalah yang pertama bagi Garuda Indonesia Group – Sriwijaya Group, dan sebagai langkah awal bagi kedua induk perusahaan untuk melakukan kerjasama yang lebih strategis dibidang lainnya.

Sebagai tahap awal kerjasama dilaksanakan melalui dua skema kerjasama yang saling menguntungkan yaitu Skema Perjanjian Special Prorate Agreement (SPA) dan Codeshare Agreement. Kedepannya pembukaan rute-rute pada agreement tersebut akan dibagi dalam beberapa fase.

Kerjasama Codeshare/SPA di rute-rute yang hanya diterbangi oleh salah satu maskapai (Garuda Indonesia sebagai maskapai yang mengoperasikan atau Sriwijaya sebagai maskapai yang mengoperasikan).

Melalui kerjasama tersebut, Garuda Indonesia atau Citilink akan menempatkan nomor penerbangan (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan (codeshare) dengan Sriwijaya atau NAM Air dan sebaliknya Sriwijaya atau NAM Air juga akan menempatkan nomor penerbangnya (flight number) pada penerbangan yang dikerjasamakan dengan Garuda Indonesia atau Citilink.

Dirut Garuda Indonesia Pahala N. Mansury menyambut baik dilaksanakannya kerjasama codeshare ini. Menurutnya kerjasama ini akan semakin memperluas jaringan penerbangan Garuda Indonesia dan memperbanyak destinasi baru khususnya di domestik.

Pahala menambahkan, kerjasama ini selain akan memperkuat network dari kedua maskapai juga akan meningkatkan market share, mengingat masih banyak kota kota yang memiliki pertumbuhan penumpang cukup potensial namun belum dijangkau oleh penerbangan Garuda Indonesia. Untuk itu dengan adanya kerjasama dengan Sriwijaya Group diharapkan dapat lebih meningkatkan profitability perusahaan.

Sementara itu, Dirut Sriwijaya Group, Chandra Lie menyampaikan, kerjasama ini menjadi suatu catatan sejarah dalam dunia jasa penerbangan di Indonesia, karena ada dua kekuatan maskapai besar yang bersinergi untuk membangun negeri. ā€¯Komitmen kerjasama dalam pelayanan ini diharapkan akan membawa kontribusi positif buat kemajuan transportasi udara di Indonesia dan mengedepankan kepentingan pelanggan dalam melakukan perjalanannya dari Sabang hingga Merauke,” katanya. (son)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button