HeadlineMoneter

Survei Konsumen November 2024 Indikasikan Keyakinan Konsumen Meningkat

Meningkatnya keyakinan konsumen pada November 2024 bersumber dari menguatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun kondisi ekonomi ke depan.

BISNISJAKARTA.co.id – Survei Konsumen Bank Indonesia pada November 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Hal ini tecermin dari kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2024 menjadi 125,9 dari IKK pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 121,1. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Ramdan Denny Prakoso, meningkatnya keyakinan konsumen pada November 2024 bersumber dari menguatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun kondisi ekonomi ke depan. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) November 2024 tercatat masing-masing sebesar 113,5 dan 138,3.

“Berdasarkan kategori pengeluaran, keyakinan konsumen pada November 2024 tercatat meningkat untuk seluruh kategori. Peningkatan IKK tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran lebih dari Rp5 juta,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (9/12).

Sementara itu berdasarkan usia, IKK juga meningkat pada seluruh kelompok usia. Secara Keyakinan konsumen pada November 2024 meningkat spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, tertinggi di Kota Padang (16,3 poin) diikuti Palembang (11,5 poin) dan Ambon (9,8 poin).

Pada November 2024 persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini menguat, tecermin dari IKE November 2024 sebesar 113,5, lebih tinggi dibandingkan dengan 109,9 pada Oktober 2024. Menguatnya IKE November 2024 didorong oleh Indeks Penghasilan Saat Ini, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja, dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (Durable Goods), masing-masing meningkat dari 117,9, 104,7, dan 107,0 menjadi sebesar 121,9, 110,1, dan 108,4. Secara spasial, sebagian besar kota mencatatkan peningkatan IKE, terbesar di Kota Palembang (10,7 poin), disusul Pontianak (9,3 poin) dan Medan (8,7 poin).

Optimisme responden terhadap penghasilan saat ini terindikasi tetap kuat pada seluruh kelompok pengeluaran dan usia. Indeks tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran  lebih dari Rp5 juta dan kelompok usia 20 – 30 tahun.

Selanjutnya, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini terindikasi meningkat pada seluruh tingkat pendidikan. Berdasarkan kelompok usia, indeks meningkat pada seluruh kelompok usia, kecuali usia  lebih dari 60 tahun.

Keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian durable goods juga terpantau meningkat. Dari sisi pengeluaran, indeks meningkat terutama pada kelompok pengeluaran  lebih dari Rp5 juta. Berdasarkan kelompok usia, indeks tertinggi tercatat pada kelompok usia 20 – 30 tahun.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan diprakirakan meningkat. Hal ini tecermin dari IEK November 2024 sebesar 138,3, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks 132,4 pada bulan sebelumnya. Meningkatnya IEK didorong oleh penguatan seluruh komponennya, yaitu ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha, masing-masing dari 138,4, 129,5, dan 129,2 menjadi sebesar 141,7, 136,8, dan 136,2. Secara spasial, beberapa kota mencatat peningkatan IEK, terbesar di Kota Padang (25,2 poin), diikuti Palembang dan Ambon (12,3 poin).

Pada November 2024 peningkatan ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan terjadi pada hampir seluruh kelompok pengeluaran dan kelompok usia responden. Selanjutnya, prakiraan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada enam bulan mendatang tercatat meningkat utamanya pada tingkat pendidikan Akademi. Berdasarkan kelompok usia, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja meningkat pada seluruh kelompok usia terutama pada usia 51 – 60 tahun.

Infografis Survei Konsumen November 2024​

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button